ETIMOLOGIS
Ø Tasawuf berasal dari kata “shafa” artinya “bersih” atau “suci”. Maksudnya orang yang mensucikan di hadapan Allah.
TUJUH ISTILAH ASAL TASAWUF
Ø Wol (as shof)
· Wol itu di simbolkan sebagai jidup kesederhanaan
Ø Kelompok yang ahli ibadah (ahlus sufaha)
Ø Sifat terpuji (as shifat)
Ø Sofhos, dari yunani yang artinya hikmah/kebijaksanaan.
Ø Barisan (as shof)
· Orang-orang yang ketika sholat jamaah, letak nya barisan palin depan
Ø Bersih (shofitun)
· Orang-orang yang memiliki hati bersih dan suci
Ø Buah yang berbulu (as soufanah)
Pengertian tasawuf di lihat dari pengalaman-pengakaman rohani/amalan ibadah ketika berkomunikasi dengan Allah
Dasar-Dasar Tasawuf/sumber-Sumber
Ø Al Quran (memberi isyarat/petunjuk
Ø Amalan peribadatan dan sikaf nabi Muhammad
Pertumbuhan tasawuf dimulai dari nabi Muhammad yang begitu sederhana
A. ABAD I DAN II
MASA SAHABAT
v Abu Bakar R.A
v Umar R.A
v Ustman R.A
v Ali R.A
MASA TABI’IN (II H)
v Hasan Al-Bashari
v Robiah Al-Adawiyah
v Sufyan Al-Suri
v Syaqiq Al-Bachkiy
v Quzaifa Al-Yamani
B. ABAD KE III H
Abu Sulaiman Ad-Darani
Ahmad Bin Al-Hawary
Dzun Yazid Al-mishry
Abu Yazid Al-Bustomi
Zunaid Al-Baghdadi
Al-Hally
C. ABAD KE IV H
Musa Al-Anshory
Abu Hamid Bin Muhammad Ar-Rubarry
Abu Zaid Al-Adamy
Abu Ali Muhammad Bin Abdil Khatab
D. ABAD KE V H (sama seperti abad ke I)
Abu Hamid Al-Ghozali
Al-Qusyairy
E. ABAD KE VI H
As-Suhrawardi Al-Maqtul
Al-Ghoznawi
F. ABAD KE VII H
Uzair Ibnu Farid
Ibnu Sab’in
Ibnu Arobi
Jalaludin A-Rumi
G. ABAD KE VIII H
Abdul Karim Al-Jilly
Ibnu Taimiyah
H. ABAD KE IX dan SESUDAHNYA
Ø PENGERTIAN
ü Tasawuf yang di arahkan untuk pembentukan kehalusan budi & akhlaqul karimah dengan memperbanyak ibadah
Ø SUMBER
ü Al-quran
ü As-Sunah
ü Amalan Soleh para Sahabat
Ø METODE
ü Membiasakan Amal yang baik, melenyapkan akhlak tercela
ü Penyucian Jiwa
Ø TOKOH
ü Hasan Al-Bashri
ü Al-Munasibi
ü Al-Qusyairy
Ø DOKTRIN
ü Zuhud
ü Kahuf dan Raja’
ü Ma’rifat
Ø CIRI-CIRI
ü Merujuk kepada Al-Quran & As-Sunah
ü Steril dari pengaruh filsafat
ü Mensinergikan syariat dan hakikat
ü Penyucian jiwa & pembentukan akhlaqul karimah
A. PERSAMAAN
v Tasawuf : Membicarakan tuhan
v Kalam : Membicarakan Tuhan
v Filsafat : Mebicarakan Tuhan, Manusia, Alam
B. PERBEDAAN
Berada dalam Fungsi dan Metode
v Tasawuf : Merasakan kehadiran/kedekatan tuhan,
- dengan metode instuisi (kedalaman jiwa/hati)
v Kalam : menyakinkan kehadiran tuhan dan sifat sifatnya,
- Dengan metode Dialog keagamaan (dialektika/mujadalah).
v Filsafat : membuktikan adanya tuhan dan membuktikan kebenaran tuhan
- Dengan metode empiris dan rasional (kefilsafatan) dari filosof yunani seperti plato, pytaghoras tentang Emanasi/pancaran (cahaya)
- Meminjam metode filsafat ked ala, tasawuf
PENGERTIAN
· Tasawuf yang berusaha menyingkap hakikat keberanian atau ma’rifat yang di peroleh dengan tidak melalui logika atau pembelajaran atau pemikiran tetapi melalui pemberian tuhan.
· Dengan menggunakan method intuisi
TOKOH & AJARAN NYA
· Robiah Al-Adawiyah (Mahabbah)
· Dzun Nun Al-Misri (Ma’rifat)
· Abu Qosini Al-junaidi ( fana dalam tauhid)
· Abu Yazid Al-Bustomi (fana dalam Ittihad)
· Abu Mughits Al Husain Al Badhowi Al Halaj ( fana dalam hulul)
CIRI NYA
· Membicarakan tentang akhlak,sikaf perbuatan dan fase-fase
· Pengetahuan intuitif, hubungan langsung dengan Allah
· Melakukan kesirnaan diri (fana) di dalam hakikat mutlaq Allh dan pencapaian sebuah ketentraman hati dan kebahagiaan
· Penggunaan kata-kata simbolis dalam mengungkapakan hakikat tasawuf.
TINGKATAN (MAQOMAT)
· Taubat
· Juhud
· Sabar
· Tawakal
· Rido
· Mahabah
· Ma’rifat
· Fana dan baqo
· Hulul
· Wahdatul wujud
· Ittihad
HAL/AHWAL
· Muroqobah
· Mahhabah
· Khouf
· Syouq
· Roja
· Thumaninah
· Yaqin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar